Lontong Medan Selalu Mampu Menggoyang Lidah

Lontong sayur - ketupat padang - lontong medan. Serupa tapi tak sama. 

Ketiga makanan ini selalu bikin saya bingung, entah apa yang membuat lontong dan ketupat harus dibedakan, walaupun katanya perbedaan lah yang membuat kita satu. #Okkeh,mulai ngasal.

Bahan dasar nya sama, si nasi yang dikepal itu disiram kuah-kuahan. Kuah sayur. Si lontong sayur disiram kuah sayur labu, si ketupat padang disiram kuah kari, sedangkan si lontong medan disiram kuah sayur dengan tambahan tauco yang selalu dicinta! Nah, apa lagi itu tauco? Tauco adalah makanan yang kalau diolah dengan benar akan menghasilkan makanan super enak!! *Lol, ngaco tapi beneran lho ini. hahaha. Tauco itu adalah kedelai yang difermentasi, biasanya kedelai yang digunakan adalah kedelai sisa pembuatan kecap. Airnya jadi kecap, ampasnya jadi tauco. Tapi entahlah, saya bukan petani kedelai yang memproduksi tauco, jadi silahkan berasumsi sendiri tentang asumsi saya. :P

Yang bikin ketagihan dari si Lontong Medan ini mungkin karena campuran banyak rasa didalamnya. Rasa tauco yang gurih dan asam selalu jadi ciri khas nya yang kuat, sayur tahu dengan potongan cabe hijau yang berlimpah bikin makanan yang selalu jadi pilihan sarapan ini makin pedas. Untuk pecinta pedas, biasanya kita diijinkan oleh yang maha kuasa untuk nambah sayur tahu nya yang pedas itu. Tapi untuk yang gak kuat pedas, cukup limpahkan sayur tahumu ke teman makanmu! hahaha. Sayur tahu biasanya dicampur dengan udang dan juga jagung muda, cabe ijo selalu jadi andalannya. Sedangkan isi sayur labu kuah santan adalah labu, wortel dan buncis. Side dish nya ada tempe kering yang dicampur kacang atau juga teri, dan ciri khas lainnya adalah bihun. Yes, sepertinya cuma lontong Medan yang pakai bihun di setiap sajiannya. Karena biasanya menjadi menu sarapan, lontong Medan selalu bersanding dengan telur balado. Nah lohh, masih kuat tahan nafsu?!! Nafsu makan maksudnyaaa... :P

Harga perporsinya bervariatif ya, kalau yang saya makan ini harganya Rp. 15ribu dengan telur balado, kalau tanpa telur Rp.12ribu.
Lontong Medan
Selain menu lontong nya, menu luar biasa lainnya datang dari si Roti Jala kuah gurih. Macam kuah kari gitu lah, tapi tanpa santan. Disinilah saya patut bangga sama Negeri kelahiran ku yang disebut sebagai penghasil rempah nomor satu didunia. Gak salah emang penjajah datang kemarin. Cengkeh nya menggiurkan saudara-saudara!! Yaa, betul, kuah si Roti Jala ini dimasak dengan mencampurkan rempah Cengkeh. Aroma Cengkeh yang menyeruak sesaat mengaduk kuah nya seakan menjanjikan rasa yang luar biasa saat dikunyah. Gurih dan asam beradu saat dikunyah. Rasa asam datang dari acar timun yang dicampur dengan nanas. Biasanya kita bisa request untuk ditambahkan daging ayam atau daging kari(sapi).  Tapi bagi saya roti jala polos sudah cukup membuat kulineran kali ini klimaks!! Yeaahh.

Roti jala & Sate kerang bumbu rendang

Tapi tunggu! Bukan lontong Medan namanya kalau kita tidak disuguhi sate kerang bumbu rendang. Rendang, meskipun makanan ini bukan berasal dari Medan, tapi dari Padang, sate kerang bumbu rendang selalu populer di setiap rumah makan yang menyediakan lontong Medan.
Oohh, sate kerang bumbu rendang, kau sungguh JUARA!!

2 potong roti jala tanpa ayam dihargai Rp.8ribu. Sedangkan sate kerang nya setusuk nya Rp.4ribu. 

Gimana, masih kuat tahan nafsu? Nafsu makan... 

Hey kamu, jelajahi rasa Nusantara yuk? 

Teman makan yang bersedia menghibahkan sayur tahu cabe ijo nya. :P
Share on Google Plus

Tentang Widya Hapsari

@sobatkolong warrior | OPEN WATER-ISO |Meter Diatas Permukaan Laut | MOCCAREO | DREAMER.

0 comments :

Post a Comment